Family

Akhirnya Lamaran : Cincin

Hai!

Sekitar 1,5 bulan sebelum lamaran, aku dan Mas Andin baru browsing-browsing mengenai cincin yang akan dipakai di acara lamaran dan juga nikahan, itu juga setelah diingetin Ibu Mertua hehehe. Jadi ceritanya, kita sepakat untuk menggunakan cincin yang sama untuk dua acara tersebut, bukan karena budget ngepas (padahal iya juga sih..), tapi selain kita berdua nggak suka pakai perhiasan, kita juga sudah emas-batangan-minded, jadi sayang rasanya kalau sekian juta buat cincin aja, mending dibuat beli emas batangan, investasi untuk masa depan yang lebih gemilang.

Akhirya setelah tanya sana sini, kita memilih Toko Mas Sentral di Jl. Malioboro, meskipun dalam kunjungan pertama pas tanya-tanya agak kesel sama penjaga tokonya yang seakan-akan bilang “ah elu bocah mau sok-sok-an bikin cincin disini, mlz deh”, haha iya gitu bapaknya agak ngeselin emang, untung kunjungan kedua bukan dia lagi yang layanin dan lebih baik orangnya.

Kedatangan kami sebulan sebelum acara ternyata (nge)pas sekali, pembuatan cincin di toko ini butuh waktu 2-3 minggu. Cincin baru diperkirakan jadi 1 minggu sebelum lamaran. Oke sip aman kalo gitu. Kemudian, kami menjelaskan design yang diinginkan : emas kuning, tanpa berlian, dan ada step ditepi atas bawahnya, dan jari kami pun diukur, Mas Andin No. 16,5 dan aku 11,5. Oia, kami juga ditawari untuk mengukirkan nama di sisi dalam cincinnya.

Perhitungan pun dilakukan, jadi untuk ukuran lebar cincin standar, dua jari kami ini membutuhkan 10gr emas. Disarankan untuk menggunakan emas 22 karat agar tidak mudah berubah bentuk cincinnya. Kemudian dengan biaya pembuatan dan lain-lain, total yang harus dibayar sekitar 6,1juta rupiah. Sebenarnya budget cuma 5juta, tapi ya daripada hasilnya gak maksimal, nambah dikit gapapa deh :p

3 Minggu 1 hari kemudian cincinnya pun jadi, dan memang hasilnya bagus, mengkilap bersih polesannya, ukurannya pun pas di jari. Senang!

Yeay! Cincinnya Jadi!
Yeay! Cincinnya Jadi!

Tips dari kami untuk pemuda-pemudi yang belum pernah beli cincin kawin nikah :

  • Jangan dadakan, karena pembuatan cincin di tiap toko perhiasan berbeda-beda, mulai 2 minggu hingga 3 bulan. Kecuali mau beli cincin yang ready.
  • Rajin survey ke toko emas/perhiasan dan jangan ragu untuk bertanya, pastikan toko emas/perhiasan yang dipilih punya jasa pengecilan dan pembesaran ukuran, pemolesan ulang, dan pembersihan.
  • Pilih model yang nyaman dan everlasting, masih pantes dan gak malu-maluin kalau dipakai 20-30 tahun lagi :))
  • Tentukan budgetnya. Untuk cincin emas bisa dari 3juta hingga tak terbatas, tergantung dari besar lingkar jari, pakai berlian/nggak, biaya pembuatan toko, emas kuning/putih, dan kadar emasnya.
  • Lebih baik buat di toko perhiasan, bukan di toko emas, karena berdasarkan pengalaman, design dan hasil polesan cincin di toko perhiasan lebih mengkilat dan indah dibanding toko emas biasa.
  • Tanya ke orang tua model cincin yang sebaiknya dibuat seperti apa menurut adat dan kepercayaan. Seperti kami, disarankan yang tanpa berlian, karena katanya berlian bisa hilang dan akan hilang pula sebagian makna dari cincin tersebut (…dan lebih murah juga, hehehe :3).
  • Jangan lupa ukur langsung ukuran cincin di toko perhiasan pilihan

Semoga bisa membantu pemuda-pemudi yang baru sekali beli cincin kawin nikah yaa. Semoga berbahagia selalu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s