Family

Bikin Kue Lebaran Tanpa Oven? Bisaaaaaa~

Berawal dari melihat postingan di IG @theurbanmama tentang event #TUMBloggersMeetUp bersama @blueband_id, aku yang (ngaku-ngaku) ibu-ibu urban dan mulai ngeblog ini merasa terpanggil untuk coba ikutan acaranya. Memberanikan diri untuk menghubungi CP acara tersebut, eh gak lama kemudian dihubungi kembali via email dan dikabari kalau bisa ikutan acaranya. Asiiikk!

img_7624 img_7621 img_7618

Di event sharing session dan baking workshop ini, Blue Band Cake and Cookie memperkenalkan 10 resep kue khas lebaran yang bisa dibuat tanpa oven, agar kita para ibu-ibu yang gak punya oven dirumah tetap bisa bikin kue lebaran dan mendapatkan moment baking yang mudah yang menyenangkan. Oia, varian Blue Band Caka and Cookie ini memang dikhususkan untuk membuat kue, dengan perpaduan sempurna margarin dan butter, kue akan lebih lezat aromanya dan teksturnya lebih sempurna. Nyam!

Di event ini ada Kak Ayudia Bing Slamet yang sharing juga, duuhh nyesel kemarin gak foto sama Sekala yang lucu itu 😢, Kak Ayudia ini cerita sebagai ibu baru yang pengen bisa bikin kue lebaran buat keluarganya. Iya siih, kue lebaran bikinan sendiri itu kan dibuat pakai cinta, nilai emosionalnya gak akan didapat kalau kita beli kuenya. Apalagi kalau keluarga pada suka kue bikinan kita, senengnya kan banget banget 😆. Kemudian, ada Chef Anjani yang demo bikin Chocolate Cookies tanpa oven dan ternyata terbukti bisa lho! Terus masaknya pakai apa? Pakai kukusan! Hahaha iya, panci kukusan bisa jadi pengganti oven, tapi tanpa air. Pastikan pancinya yang dasarnya agak tebal dan tambah 2-3 sendok air biar gak gosong 😅

img_7636

Setelah sharing session, lanjut cooking workshop-nya, peserta dibagi ke 6 kelompok, aku kebagian kelompok 6 bareng kak Ayudia 😍😍😍, tugasnya bikin nastar tanpa oven! Resepnya dilihat langsung di http://www.blueband.co.id/dapurnooven

Resep Nastar Keju No Oven 

Bahan-bahan Nastar:

  1. 2 butir kuning telur
  2. 3 sdm gula halus
  3. 200 gr tepung terigu
  4. 150 gr Blue Band Cake and Cookie
  5. 27 gr susu bubuk putih
  6. 2 sdm keju cheddar parut
  7. 2 sdt ekstrak vanila / 1/2 vanili bubuk
  8. 2 sdm tepung maizena
  9. 200 gr selai nanas untuk isian

Bahan karamel untuk pelapis:

  • 50 gr gula merah sisir
  • 50 gr gula pasir
  • 75 ml air

Cara membuat :

  1. Campurkan Blue Band Cake and Cookie, kuning telur, dan gula halus ke dalam mangkuk besar lalu aduk hingga merata.
  2. Tambahkan tepung terigu, ekstrak vanilla, tepung maizena, susu bubuk, dan keju parut. Aduk dengan spatula hingga membentuk seperti adonan.
  3. Bentuk selai nanas menyerupai bola untuk isian.
  4. Pipihkan 1 sendok adonan lalu beri isian selai nanas. Bentuk menjadi bola.
  5. Panaskan panci pengukus tanpa air beserta dengan saringannya di atas kompor. Oleskan Blue Band Cake and Cookie pada saringan panci.
  6. Masukkan bola-bola Nastar ke dalam panci. Masak Nastar hingga kurang lebih 15 menit dengan api kompor kecil sampai matang dan Nastar berwarna agak kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  7. Siapkan cairan karamel: panaskan gula merah, gula pasir, dan air di panci kecil, di atas kompor dengan suhu sedang. Biarkan mendidih lalu kecilkan suhu api hingga terbentuk cairan karamel. Matikan kompor.
  8. Oleskan cairan karamel di atas permukaan Nastar yang telah matang untuk memberi kesan mengkilap.
  9. Diamkan sejenak hingga lapisan karamel mengering. Nastar siap disantap.

Hap! Setelah dicoba ternyata jadi juga loh nastar tanpa oven kita, dan jadi juara 2 dooong~~ lumayan yeaa, pulang-pulang bawa voucher belanja, powerbank, dan toples plus isinya 😍 #buibukmodeon


Kalau mau coba bikin kue lebaran tanpa pakai oven, resepnya bisa dilihat di http://www.blueband.co.id/dapurnooven atau di Facebook Blue Band Indonesia.

Selamat mencoba resep-resepnya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s