Family · Parenting

Pengalaman Pertama Caraka Naik Pesawat

Halo!

Minggu lalu Caraka habis naik pesawat terbang lho! Akhirnya di usia 8 bulan, Caka punya kesempatan juga buat jalan-jalan jauh keluar kota, ke Jogja, naik pesawat terbang. Asik bukaan? Hihi. Pengalaman pertama terbang bersama bayi memang jadi momentum yang bikin ibuk-ibuk panik, khawatir, galau, tapi bikin penasaran dan ditunggu-tunggu (jalan-jalannya) hehehe. Ibuk yang ini juga kok, jauh-jauh hari sudah browsing dan tanya sana sini, sudah galau mau pakaikan Caka earplug atau nggak, sudah siapin mental minta maaf ke penumpang sebelah kalau Caka rewel, sudah minta doa restu ke amih apihnya Caka, lengkap deh pokoknya 😂

Jadi gimana cerita penerbangan perdana Caka?

Berangkat

Kami ambil flight pagi jam 06.00, dengan alasan jam tersebut adalah waktu-waktu Caka tidur lagi. Caka sih emang biasanya bangun tidur sekitar jam 4an gitu, jadi pas kami berangkat ke bandara Caka sudah bangun dan ganti baju.

Sampai di bandara, setelah urus bagasi dll, kami singgah dulu di coffee shop langganan yang lagi diskon 50% buat minumannya kalau beli makanannya, yhaaa lumayan buat ganjel dan anget-anget perut pagi hari sebelum terbang. Caka juga ikutan ngemil roti sambil kesana kemari liat neon box dan kaca yang ada di coffee shop, misi membuat Caka capek sepertinya berhasil :)). 

Masuk pesawat, ibunya mulai deg-deg-an nih, soalnya anaknya masih “on” aja, udah kebayang pokoknya abis ini mau nenenin dia biar tidur. Eh, memang manusia hanya bisa berencana ya, gak lama setelah duduk dan pasang seat belt, Caka udah diem aja, pas dilihat ternyata anaknya udah tiduuur… hahaha bahkan pesawatnya belum geser dari parkiran loh, Nak! 😂

img_7543.jpg

Pemakaian earplug/earmuff memang sudah gak disarankan lagi, Caka pun gak pakai itu. Ketika take off juga cuma ditutup aja telinganya sambil dipeluk. Caka tidur sampai setengah lebih perjalanan, pas bangun juga gak nangis, malah sibuk baca kartu petunjuk keselamatan di pesawat dan ngobrol sama mbak-mbak sebelah 😅. Pas pesawat landing pun Caka gak ada masalah. Alhamdulillah yaa… 🙏✨

Pulang

Penerbangan pulang kami jam 16.25, diambil dengan alasan biar gak kemalaman sampai Jakarta dan pas dengan selesainya acara di Jogja. Agak was-was karena khawatir Caka sudah capek seharian dan jadi rewel. Sampai di bandara sekitar 1 jam sebelum keberangkatan dan kami langsung ke boarding room. Asiknya, di boarding room terminal B Bandara Adisucipto Yogyakarta ada kids cornernya, kecil dan mainannya minim banget sih, tapi cukup buat Caka betah duduk manis dan mainan sambil makan Peachy kesukaannya sampai habis. Mendekati waktu masuk pesawat, kami ganti dulu diapernya Caka, untungnya di boarding room ada nursing room, cuma satu ruang ukuran 2x2m sih, tapi cukup buat sekedar nenenin dan ganti diaper. Setelah ganti popok, sambil nunggu masuk pesawat, Caka mainan lagi di kids corner.

IMG_7591

Ketika panggilan masuk pesawat diumumkan, dan orang-orang sudah mulai baris keluar boarding room, Caka malah masih asik mainan, dan gak mau pergi :)) duh naaaak… kan gak lucu ketinggalan pesawat gara-gara kamu asik mainan :)) Ya sudah, akhirnya kita masuk belakangan, untung Caka pengertian dan mau ngelepas kids cornernya hihi :p

Sampai di pesawat, Caka yang segar bugar berbahagia kamu disibukkan dengan lihat lampu, buka-buka kartu petunjuk keselamatan, lihat jendela, dan baca buku. Setelah take off, baru deh dia ngik ngik, mungkin mulai gak nyaman dan ngantuk ya.. langsung dia nenen dan gak lama kemudian dia tidur pulas. Hore!! Setengah perjalanan dia bangun lagi dan segar total. Sambil ngemut Yummy Bites kesukaannya, semua orang disapa, dari ibu-ibu dan putrinya di kursi depan kami, dua orang mba-mba bule di kursi belakang, mas-mas di sebelah ayah dan di kursi seberang. Berasa artis ya, Caka? hihi. Alhamdulillaah, sampai landing pun dia happy 😀

Karena pengalaman pertama Caka naik pesawat berjalan lancar, boleh laaah colek-colek ayah @andinrahmana buat jalan-jalan naik pesawat lagiik~~ ihiy!

Tips membawa bayi 8 bulan naik pesawat terbang (jarak dekat)

  • Informasikan ke maskapai kalau anda berpergian dengan bayi, biasanya ketika membeli tiket sudah ada pilihan untuk mencantumkan penumpang bayi. Kemarin kami coba web check in namun tetap harus lapor kembali pada petugas di check in counter.
  • Usahakan memilih waktu penerbangan di jam tidur bayi
  • Membawa mainan dan snack kesukaan
  • Memakaikan bayi jaket/sweater, kaus kaki, dan topi karena kondisi kabin pesawat yang dingin, biar si bayi nyaman di perjalanan
  • Ganti diaper bayi sebelum penerbangan, agar diaper penuh gak bisa dijadikan alasan si bayi nangis
  • Bawa baju cadangan si bayi dan ibunya untuk antisipasi ketumpahan,  terkena muntahan, dll
  • Jangan ragu minta bantuan flight attendant jika diperlukan, mereka pasti dengan senang hati membantu
  • Tetap tenang dan jangan panik jika anak rewel 😉

Semoga membantu bagi buibuk dan bayinya yang akan melakukan perjalanan pertamanya naik pesawat terbang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s