Family

Tips Berbelanja Cermat di Supermarket

Halo!

Bagi sebagian besar kaum wanita, belanja adalah kegiatan yang paling menyenangkan dan bisa jadi stress relieving. Pusing sedikit, pengennya belanja, lebih pengen lagi kalau gak usah bayar, huehehehe. Nah, aku pun demikian, suka belanja dari dulu masih gadis sampai sekarang udah jadi ibu-ibu. Semenjak jadi ibu rumah tangga, frekuensi belanja pun meningkat dan kuantitas barang belanjaan bertambah. Iya, belanja daging, sayuran, shampoo suami, sabun mandi anak, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya masih banyak lagi. Untuk isi kulkas, belanja bisa 2x dalam seminggu, biar bahan makanan lebih fresh dan biar seneng belanjanya sering :)). Tapi, belanjanya ibu rumah tangga itu gak bisa sembarangan, harus cermat, cerdas dan hemat. Kalau dulu belanja buat diri sendiri, sekarang belanja buat kemaslahatan orang banyak (baca : suami dan anak).

Nah, dalam hal menentukan tempat belanja untuk kebutuhan rumah tangga, biasanya sih aku nggak punya preferensi khusus, pasar tradisional yang (kadang) becek dan nggak wangi pun hampir tiap minggu dikunjungi, dan nggak jarang juga belanja self service dan antri di kasir supermarket dekat rumah. Supermarket yang sering dikunjungi adalah Superindo, karena sepengalaman berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket, harga barang di Superindo ini lebih murah dan lebih segar (untuk sayuran dan daging) dari supermarket lain disekitar apartemen. To be honest, aku ini punya hobi untuk banding-bandingin harga antar tempat belanja satu dan lainnya. Waktu hamil Caka dulu, hobi banget keliling mall, masuk ke Watsons, Guardian, Boston, Hypermart, cuma buat tau yang mana yang jual sabun cuci muka suami yang paling murah. Bukan pelit atau nggak punya uang, tapi somehow, itu menyenangkan, hehehe.

Pintu masuk Superindo Intercon, Jakarta Barat

Kembali ke topik utama, Kadang orang melabeli ibu-ibu yang belanja di supermarket itu boros, padahal kalau lebih jeli dan tau tipsnya, berbelanja di supermarket bisa lebih hemat lho! ini tips dari menteri keuangan dan belanja #KeluargaPakAndin untuk bisa berbelanja cermat di supermarket  :

1.Update katalog promosi terbaru

Hampir semua supermarket memiliki katalog promosi yang berisi produk-produk dengan harga khusus atau potongan harga. Katalog ini diupdate secara reguler dan dapat ditemui di surat kabar, sosial media, LINE official account, bahkan sudah ada beberapa website yang berisi kumpulan katalog-katalog belanja di semua tempat perbelanjaan, seperti Katalogpromosi.com atau Serbapromosi.com. Manfaatkan katalog promosi ini untuk mendapatkan pilihan barang dengan harga yang termurah dan siapa tau barang yang diperlukan sedang diskon.

2. Membuat daftar belanja

Sebelum berangkat berbelanja, biasanya aku keliling rumah untuk melihat barang apa saja yang habis dan mencatat barang-barang atau apapun yang dibutuhkan dengan detil dan jelas. Gunakan juga katalog supermarket dalam membuat daftar belanja agar tidak lupa barang apa saja yang sedang promosi. Setelah dicatat, pastikan daftar belanjaan ini dibawa dan dipatuhi saat berbelanja, hal ini berguna agar saat belanja nanti tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Catatan ini akan mengingatkan bahwa kebutuhan adalah prioritas utama dalam berbelanja bukannya keinginan.

3. Datang di Pagi Hari

Aku lebih suka datang ke supermarket di pagi hari, karena biasanya sayuran dan daging akan lebih segar. Kondisi supermaket pun akan lebih lenggang dan antrian kasir nggak sepanjang di waktu lainnya. Usahakan sarapan dulu sebelum berbelanja agar tidak lapar mata dan membeli barang-barang yang tidak perlu. Superindo ini jam 8 pagi sudah buka, lho. Dulu waktu tinggal di Jogja malah Superindo ada promo pagi hari, diskon tambahan 10% untuk sayuran segar.

Bayam, Kangkung, dan Sawi segar, harganya cuma Rp 850/ikat

4. Cermat mengenali tag harga spesial

Biasanya, barang yang sedang dalam masa promosi akan diberi tag harga yang berbeda, contohnya di Superindo, untuk barang dengan harga spesial akan diberi tag harga warna kuning, sangat eye catching sekali. Selain berisi harga spesial, biasanya juga berisi hadiah/bonus jika kita beli barang tersebut.

Lebih murah dari beli di pasar
Beli Rinso dapat Sunlight

5. Membawa tas belanjaan sendiri

Selain ikut serta dalam kampanye go green, di beberapa supermarket memberikan apresiasi bagi pelanggannya yang berbelanja dengan membawa tas belanjanya sendiri. Di Superindo, jika berbelanja menggunakan kantong plastik, maka akan dikenakan biaya Rp 200,- per kantong plastik. Namun, jika kita membawa tas belanja sendiri, maka akan diberikan voucher Rp 300,-. Yaa~ nggak berasa sih vouchernya, tapi untuk niat baik menjaga lingkungan hidup, nggak ada salahnya kan bawa tas belanja sendiri dari rumah? 😉

Gimana ibu-ibu? Semoga tips diatas bisa membantu untuk lebih cermat (cerdas dan hemat) dalam berbelanja di supermarket. Senang bisa berbagi! 🙂

Advertisements