Dentist's Life · Parenting

Duh! Kok Gigi Susunya Belum Tumbuh Juga?

Setiap ibu pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang ada di buku KMS : empat bulan sudah bisa berguling, enam bulan sudah bisa duduk, delapan bulan sudah bisa merangkak, dan seterusnya.

Beberapa ibu juga ada yang beranggapan lebih cepat lebih baik, biar keren kalau diposting di IG stories dan bisa dipamerin ketika arisan bareng ibu-ibu lainnya. Terus kalau ternyata perkembangannya nggak sesuai usia? Duuuhhh~~~ cenat cenut rasanya hati dan pikiran ini 😭.

Caka sendiri termasuk anak yang just so so aja perkembangannya, sempat khawatir juga pas 6 bulan belum bisa berguling sendiri. Kata dokternya sih karena Caka gemuk 😭😭😭, tapi syukur berkat latihan dan doa kedua orang tuanya, di usia 6 bulan Caka akhirnya bisa berguling dan duduk bersamaan. Fyuh!

Enggak cukup disitu, meskipun ibunya Caka ini dokter gigi, tapi gigi susu pertama Caka baru tumbuh di usia 11bulan. Mau cry rasanya nungguin giginya tumbuh. Apalagi kalau udah ada yang bilang “kok ibunya dokter gigi, tapi gigi anaknya belum tumbuh juga?”, rasanya pengen aku bales “Jaka sembung naik ojeeek?”. Gak ada hubungannyaaaaahh, sis~~~~

Gigi susu anak memang punya periode tumbuh masing-masing. Umumnya, tumbuh gigi susu dimulai dari dua gigi depan rahang bawah dan dilanjutkan oleh dua gigi depan rahang atas. Untuk lengkapnya bisa dilihat di diagram dibawah ini :

Diagram diatas adalah waktu sebagian besar gigi susu tumbuh, bukan berarti kalau giginya tumbuh diluar periode tersebut disebut enggak normal ya. Para dokter spesialis anak dan dokter gigi anak pun sepakat kalau gigi pertama tumbuh di 14 bulan pun masih enggak masalah.

Kenapa gigi susu bisa terlambat tumbuh ya? Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi susu terlambat tumbuh, baik faktor lokal maupun sistemik.

Faktor lokal yang mempengaruhi seperti : adanya luka dengan jaringan parut pada gusi, benih gigi berlebih, tumor, bibir sumbing, dan benih gigi yang miring dalam tulang rahang sehingga butuh waktu lama untuk muncul ke permukaan.

Sedangkan faktor sistemik dapat berupa : kekurangan nutrisi, faktor keturunan, ibu yang memiliki kebiasaan merokok, bayi lahir dengan berat badan rendah, rubella, gangguan hormonal, anemia, dan idiopatik atau tidak diketahui penyebabnya.

Nah, jadi untuk ibu-ibu yang galau karena gigi anaknya belum tumbuh juga, keep calm dan berdoa aja. Setiap anak itu spesial dan enggak bisa disamakan satu dengan lainnya. Gigi terlambat tumbuh enggak perlu dikahawatirkan selama anak enggak terganggu tumbuh kembangnya.

Advertisements

6 thoughts on “Duh! Kok Gigi Susunya Belum Tumbuh Juga?

    1. Betul bunda, jadi nggak ada alasan buat banding2in anak sendiri sama anak orang lain, tumbuh kembangnya beda, genetik dan pola asuhnya juga beda. Btw terima kasih sudah mampir bun πŸ™‚

    1. Selama anak sehat, grafik tumbuh kembangnya baik, dan asupan makan baik sih nggak masalah, Mbak. Ini anak saya usia setahun baru satu giginya, kayaknya dia mau ngajarin ibunya buat sabar nih hehehe. Semangat yaa Mbak Ika dan anaknya, semoga giginya lekas tumbuh semua 😘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s