Family

No ART, No Worries

Halo buibuk!

Cucian piring sudah beres? Nyapu ngepel sudah? Masak makan siang sudah belum? hehehe.

Screen Shot 2018-07-21 at 1.46.58 PM

Postingannya mba @alodita diatas bener-bener nyemangatin aku yang sejak Maret 2018 jadi ibu-ibu yang nggak punya pengasuh atau ART dirumah. Ibu-ibu yang harus bisaย harus ngurus rumah, ngurus suami, ngurus anak, dan ngurus dirinya sendiri agar tetap sehat mental dan jiwa. Ibu-ibu yang harus ikhlas lahir batin mendahulukan keluarga daripada keinginannya untuk berkarya yang membuncah.

((MEMBUNCAH))

Semenjak Caka lahir, ibuku mengutus si Bibik buat bantu aku ngurus Caka dan rumah, semua indah pada masanya, sebelum negara api menyerang 6 bulan kemudian.. Si Bibik izin pulang kampung dan nggak kembali lagi. Untungnya nggak lama berselang ada si Mbak yang bantu aku, bertahan 8 bulan dan kembali berujung pulang kampung karena mau nikah (lagi).

Ah lelah ya ganti-ganti ART, cari-cari lagi, mana seperti yang ibu-ibu tau dan pahami, cari pengasuh/ART jaman sekarang nggak gampang, kayaknya untung-untungan banget ya, kalo lagi apes sih bisa dapet ART kayak di akun IG @blacklistnanny, duh!. Sempet beberapa kali mau hire ART lagi tapi entah batal terus. Pernah juga coba masukin Caka ke Daycare tapi kok tak sampai hati melewatkan masa-masa gemas Caka dengan nitipin Caka ke Daycare. Sampai pada titiknya ku lelah dan biarkan hidup mengalir apa adanya…

Tanpa pengasuh, dan tanpa ART.

Rasanya berat di awal, tanya deh ke Pak Andin yang senantiasa dibanjiri chat dari istrinya yang merasa kelelahan. Namun, setelah beberapa bulan dijalani dengan ikhlas dan (mencoba) tetap waras, semua terasa lebih indah. Untungnya, kerjaan aku cukup fleksibel, jadi tetap bisa praktek satu-dua shift aja di weekend, Caka biar main sama kakek dan neneknya. Seenggaknya ilmu yang udah aku dapat dengan drama dan air mata bisa bermanfaat dan sedikit mengisi rekening, hehe.

Plus minus tanpa pengasuh/ART menurut aku:

(+) Lebih dekat dengan anak.

Bayangkan, 24 jam sama anak, kurang deket apa? Siang-siang bobok siang bareng, main bareng, jalan-jalan bareng, semuaaaanya bareng anak. Kita pun jadi paham mau si anak, kebutuhan si anak, apapun. Love banget kan?

(+) Lebih punya privasi dirumah

Berhubung tinggal di apartemen 36m2, ada orang asing dirumah kyknya bikin ruang privasi yang udah sempit jadi makin sempit ya. Beda kalo cuma bertiga aja sama suami dan anak, mau ngapain aja di rumah juga boleh, iya kan?

(+) Bisa beres-beres rumah sesuka hati

Gak ada yang ngomel kalo siang-siang belom nyuci piring, belom ngepel, belom beberes. Eh, kalo ada ART biasanya kan kita yang ngomel ya kalo rumah belom beres, hehe

(+) Bisa nabung lebih banyak

Dengan nggak adanya ART, budget buat makan dan ngegaji si mbak bisa ditabung buat jalan-jalan atau manjain si ibuk ini. hehehe. Eh, nggak ding, ditabung buat beli rumah di Jakarta aja yang harganya makin nggak karuan. Aamiin!

(-) Capek

Hehehe, gak usah ditanya yaaa… kebayang dong ngurus anak umur 2 tahun, ngurus suami, masak dan bikin #bekalpakandin, cuci piring, dan beres-beres rumah yang nggak ada udahnya. Untungnya banget nih, suami supportive dan masih mau bantuin beberes tipis atau cuci piring. Love banget deh!

(-) Me time lebih sedikit

Me time ibuk tanpa ART cuma pas anak tidur, hahaha. Mau hairmask di salon juga mikir, anak ditaruh mana ya. Untungnya makin kesini makin bisa diajak jalan-jalan si Caka, kadang siang-siang suka ke mall atau makan diluar. Eh, kalo jalan-jalan sama Caka dihitung Me time juga nggak ya? atau me-and-my-son time?

Terus gimana buk, mau sampe kapan nggak pake ART?

Hehehe, belum kepikiran sih, mungkin bila nanti saatnya tlah tiba aja. Mungkin pas nanti ternyata #keluargapakandin harus pindah ke rumah yang lebih besar (aamiin!) atau pas Caka udah punya adik. Yaa pada akhirnya kita kan cuma bisa berencana dan Tuhan maha besar dengan segala kejutannya. #tsah

Anyway, jadi ibu itu memang luar biasa dengan caranya masing-masing, mau dengan atau tanpa ART. Semangat!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s