Family · Parenting · review

Story Time Bersama @dunantkits

Halo buibuk,

Jadi inget, dulu pernah ikutan bareng event #TUMLuncheon tentang writing clinic, salah satu pembicaranya adalah Adhitya Mulya, penulis buku dan script writer film-film keren kayak Sabtu Bersama Bapak, Jomblo, dan yang sebentar lagi mau tayang : Belok Kanan Barcelona.

Waktu itu temanya “The Art Of Story Telling“. Kang Adhit sharing tentang gimana cara bercerita yang baik, termasuk bercerita untuk anak. Bapak keren yang punya dua anak ini menyarankan kalau orang tua harus sering membuatkan anaknya cerita. Nggak usah panjang-panjang, cukup 5-7 kalimat aja. Pendek banget? iya, karena attention span anak-anak itu gak lama, kalo kepanjangan nanti baru sampai tengah cerita anaknya udah kaburr~~ haha. Media bercerita yang bisa dipakai pun banyak, bisa dengan lagu, gambar-gambar menarik dan berwarna, wayang/boneka, atau lisan. Tinggal dipilih sesuai dengan minat anak dan kemampuan masing-masing.

Di event itu juga, aku ketemu sama Mba Laura, ibunya @littledunant, sesama peserta workshop. Seneng deh lihat postingan-postingan di akun Instagram @littledunant tentang serunya mereka bermain sambil belajar bersama. Bahkan, Mba Laura juga dengan baik hati menyediakan printables untuk aktivitas bersama anak dirumah yang bisa diunduh di littledunant.com. Yuk, mampir kesana juga buibuk!

Singkat cerita, beberapa waktu lalu Mba Laura ini launching @dunantkits. Fun educational sources, begitu kata bio di akun Instagramnya. Produknya media/mainan edukasi anak yang seru nan menggemaskan. Salah satunya set kartu Story Time ini. Pas lihat ini, langsung tertarik dan pesan langsung, cuss~~

Tampak depan

Beberapa hari kemudian paket kartu Story Time ini datang dengan sangat rapi, dibungkus bubble wrap pula. Satu kotaknya berisi 36 kartu full color dengan gambar yang gemes-gemes bangeeeeetttt! Nah, karena isinya cuma kartu bergambar dan tanpa tulisan apapun, jadi kita dan anak diajak berimajinasi untuk membuat cerita sendiri dari kartu-kartu yang kita pilih. Atau, kalau mau lebih seru, ambil kartunya secara acak. Hihi. Ceritanya bisa jadi lebih unik dan imajinatif.

Tampak belakang

Kalau anaknya sudah lebih besar dan bisa bercerita sendiri, si anak lah yang buat cerita dari kartu-kartu ini, berhubung Caka masih seneng diceritain, akhirnya ibunya ini yang dapet PR buat bikinin Caka cerita. Hosh! Semangat ibuukk! Ini beberapa contoh kartu-kartunya yang aku ambil dan dirangkai jadi satu cerita:

Cerita Singa yang bermimpi jalan-jalan ke bulan :

Sudah malam, singa mengantuk dan tertidur pulas *grook..grook..* lalu bermimpi..

Singa bermimpi ada di dalam pesawat luar angkasa berwarna merah yang sedang menuju ke bulan

Ditengah jalan, Singa bertemu anak perempuan yang naik sapu terbang, lalu singa menyapa anak perempuan itu “Haaii, ayo kita ke bulan bersama naik pesawat aku”

Kemudian mereka naik pesawat bersama ke bulan, sebelum turun mereka pakai baju astronot dulu agar bisa bernafas dan berjalan di bulan. “Hap! akhirnya sampai juga di bulan”, kata Singa sambil membawa bendera berwarna apa? Ya, Merah!

Cerita Tupai Hero yang membantu truk pengangkut bahan bangunan milik raja yang rusak ditengah jalan *iyain aja ya*

Suatu hari, ada truk berwarna kuning yang membawa bahan bangunan untuk Raja.

Ditengah jalan, eh truknya rusak, nggak bisa jalan, wah gimana ini ya?

Untungnya ada Tupai Hero yang membantu memperbaiki truk itu, truk sudah benar kembali, Yes!

Akhirnya truk bisa melanjutkan membawa bahan bangunan ke istana

Raja senang sekali dan berterima kasih kepada Tupai Hero yang sudah membantu. Terima kasih Tupai Hero!

Atau, bercerita tentang si Singa yang ketiduran dan lupa mematikan kompor.

Hari sudah malam, singa mengantuk dan ketiduran *grook..grook..* Hmm.. tapi kyknya ada yang lupa deh..

Wah!! Ternyata singa lupa lagi masak air untuk bikin kopi. Karena lupa mematikan kompor, akhirnya dapur singa kebakaran, ada api dimana-mana. Alarm berbunyi nyaring, *kriiing… kriiing…* Waduh, gimana nih??

Untung ada pak pemadam kebakaran berbaju merah yang cepat datang, api pun dapat dipadamkan. “Lain kali hati-hati ya, sebelum tidur pastikan kompor sudah mati dan tidak ada api yang menyala”, kata pak pemadam kebakaran yang baik hati.

Terakhir, ini cerita tentang Caka sekarang yang lagi flu, jadi nggak boleh berenang dulu.

Suatu hari, Caka lagi flu, huhuhu. Nggak enak banget ya rasanya, hidung mampet, bersin-bersin, hatchi hatchi!

Caka pengen banget berenang, tapi kata Bunda, “Nanti dulu ya berenangnya, tunggu sembuh”. Ih, Caka sebel deh rasanya

Melihat Caka yang bosan di rumah, Bunda ada ide bagus. Bunda siapkan kertas dan crayon, hayoo mau ngapain yaa?

Wah, ternyata Bunda mau ajak Caka menggambar. Caka senang sekali dan nggak bosan lagi.

Hehe.. Hehe.. Hehe..

Namanya juga usaha ya buibuk, sejauh ini sih Caka masih anteng dengerin cerita sampai ceritanya habis. Kalau buibuk mau pesen juga kartunya bisa langsung hubungi kontak di bio Instagram @dunantkits yaa..

Selamat bercerita!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s